My Vilage

My Vilage
Samping Rumah

Rabu, 29 Februari 2012

Pemanfaatan Sumber Daya Alama Papua

PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM PAPUA

A. Sekilas Pandang Tentang Alam Papua

Papua merupakan kedua terbesar di dunia setelah Greenland. Kekayaan alam yang ada di papua tidak tersaingi oleh wilayah mana pun di dunia. Papua merupakan habitat dari berbagai jenis hewan dengan beragam bentuk, mulai dari primitive sampai eksotik. Selain itu, Papua juga merupakan habitat Dari berbagai macam tumbuhan, juga mengandung beraneka tambang yang terkandung di dalam perut bumi pulau Papua.

Luas Pulau Papua adalah 792.540 Km2 membentang sepanjang 2,400 Km. Garis perbatasan membagi papua dengan luas yang hamper sama dari utara ke selatan antara Negara Papua New Guinea (PNG) yang meliputi 370.559 Km2 dan wilayah Papua (bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Provinsi Papua merupakan Provinsi yang paling luas wilayahnya dari seluruh Provinsi di Indonesia. Luas Provinsi Papua ± 410.660 Km2 atau merupakan ± 21% dari luas wilayah Indonesia. Lebih dari 75% masih tertutup oleh hutan-hutan tropis yang lebat, dengan ± 80% penduduknya masih dalam keadaan semi terisolir di daerah pedalaman (bagian tengah Papua). Jumlah penduduk 2,3 Juta Jiwa dengan kepadatan penduduk 5,13 orang per Km2 .Secara geografis berada diantara garis meridian 0’19’ – 10045 LS dan antara garis bujur 1300 45 – 141048 BT yang membentang dari Barat ke Timur dengan silang 110 atau 1.200 Km.

Dengan demikian daerah Papua berada didaerah yang beriklim tropis dengan cuaca yang panas dan lembab di daerah pantai, serta cuaca dingin dan bersalju pada bagian yang tertinggi di daerah pegunungan Jayawijaya.

B. Sumberdaya Alam Yang Dapat Diperbaharui

1. Hutan

Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah, dan merupakan salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting.

Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Kita dapat menemukan hutan baik di daerah tropis maupun daerah beriklim dingin, di dataran rendah maupun di pegunungan, di pulau kecil maupun di benua besar.

Suatu kumpulan pepohonan dianggap hutan jika mampu menciptakan iklim dan kondisi lingkungan yang khas setempat, yang berbeda daripada daerah di luarnya. Jika kita berada di hutan hujan tropis, rasanya seperti masuk ke dalam ruang sauna yang hangat dan lembab, yang berbeda daripada daerah perladangan sekitarnya. Pemandangannya pun berlainan. Ini berarti segala tumbuhan lain dan hewan (hingga yang sekecil-kecilnya), serta beraneka unsur tak hidup lain termasuk bagian-bagian penyusun yang tidak terpisahkan dari hutan.

Pohon sendiri adalah tumbuhan cukup tinggi dengan masa hidup bertahun-tahun. Jadi, tentu berbeda dengan sayur-sayuran atau padi-padian yang hidup semusim saja. Pohon juga berbeda karena secara mencolok memiliki sebatang pokok tegak berkayu yang cukup panjang dan bentuk tajuk (mahkota daun) yang jelas.

Bagian – bagian hutan

Bayangkan mengiris sebuah hutan secara melintang. Hutan seakan-akan terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian diatas tanah, bagian di permukaan tanah, dan bagian di bawah tanah. Jika kita menelusuri bagian di atasw tanah hutan,maka akan terlihat tajuk (mahkota) pepohonan, batang kekayuan, dan tumbuh perdu dan semak belukar. Di hutan alam, tajuk pohon biasannya tampak berlapis-lapis karena ada berbagai jenis pohon yang mulai tumbuh pada saat yang berlainan. Di bagian permukaan tanah, tampaklah berbagai semak belukar, rerumputan,

a. Manfaat Hutan bagi manusia dan lingkungan

Hutan memiliki banyak manfaat untuk kita semua. Hutan merupakan paru-paru dunia (planet bumi) sehingga perlu kita jaga karena jika tidak maka hanya akan membawa dampak yang buruk bagi kita dimasa kini dan masa yang akan datang. Manfaat hutan diantarannya:

1. manfaat ekonomi

Hasil hutan dapat dijual atau diolah menjadi berbagai barang yang mempunyai nilai jual tinggi

2. Manfaat klimatologis

Hutan dapat mengatur iklim. Hutan berfungsi sebagai paru-paru dunia yang menghasilkan oksigen bagi kehidupan

3. Manfaat hidrolis

Dapat menampung air hujan didalam tanah, mencegah intrusi air laut yang asin dan menjadi pengatur tata air tanah

4. Manfaat ekologis

Mencegah erosi dan banjir, menjaga dan mempertahankan kesuburan tanah, dan sebagai wilayah untuk melestarikan keanekaragaman hayati

b. Menurut cara permudaan/tumbuh kembali

Hutan dapat dibedakan sebagai hutan dengan permudaan alami, permudaan buatan, dan permudaan campuran. Hutan dengan permudaan alami berarti bunga pohon diserbuk dan biji pohon tersebar bukan oleh manusia, melainkan oleh air, angin, atau hewan. Hutan dengan permudan buatan berarti manusia sengaja menyerbukkan bunga serta menyebar biji untuk menumbuhkan kembali hutan. Hutan dengan permudaan campuran baerarti campuran kedua jenis sebelumnya.

2. Hewan

Hewan – hewan yang ada di Papua terdiri dari berbagai jenis, antara lain, Babi hutan, buaya, Ikan hiu, ikan lumba-lumba , burung kasuari, Burung cenderawasih, burung kakatua, Rusa, Burung maleo, dan lain sebagainya, tetapi sering dijadikan buruan sebagai bahan konsumsi sehari hari , yang mana penduduk yang tinggal dipapua tidak mengerti akan manfaat yang lebih dan kegunaan dari keaneragaman hewan yang ada disekitarnya.

Bila konsep ini dirubah, maka nilai ekonomis dari keanekaragaman hewan tersebut memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi dan dapat menunjang tingkat penghasilan rumah tangga dan juga daerah setempat.

3. Sosial Budaya

Budaya yang dimiliki oleh orarang papua sangatlah beranekaragam dan sangat unik, antara lain seni tari, lukis, ukir, suara, pemandangan alam, danau, hutan dan laut, dan gunung semuanya ini jika dimanfaatkan dengan baik memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi , tetapi kurangnya ksesadaran dari penduduk setempat untuk mengelolanya agar bisa menjadi nilai jual yang tinggi baiki di dalam negeri maupun di luar negeri, hal ini disebapkan karena kurangnya sumberdaya manusia untuk mengelola, budaya yang ada di Papua, serta peran serta Pemerintah lewat dinas pariwisata yang sangat minim, menyebapkan semuanya ini mengalami kemerosotan serta tidak dapat di berdaya gunakan bagi masyarakat umum.

Salah satu contoh sosial budaya yang dimiliki oleh orang asli jayapura yang mendiami kaki gunung Cycloop. Penduduk asli yang bermukim di sekitar Kawasan C.A. Cycloops dalam berbagai segi kehidupan masih diatur dengan berbagai pola tradisi dan pantangan (tabu) yang sudah dianut sejak lama. Aturan ini didasarkan pada pengalaman ”trial and error” dalam lingkungannya yang diwariskan ke generasiberikutnya. Banyak diantara tradisi itu bersifat konservatif yang bertujuan agar lingkungan dapat memberikan hasil secara abadi. Kadang-kadang tradisi itu diwariskan melalui cerita dan dongeng, namun tanggung jawab kekuasaan serta kestabilan dan kesinambungan tradisi terletak pada bahu kepala suku dan ondoafi/ondofolo.

Kawasan Pegunungan Cycloops didiami oleh 5 (Lima) suku yang dibedakan oleh bahasa yang digunakan, yaitu : Suku-suku yang mendiami sekitar Teluk Humbolt dan Yotefa, Suku Ormu di Timur dan Utara kawasan, Suku Tepra/Tabla yang mendiami bagian Barat kawasan di sepanjang Pantai Utara, Suku Sentani yang tinggal di sebelah Selatan kawasan dan Suku Moi yang tinggal di bagian Selatan dari Sabron, Dosai, Waibron dan Maribu (Suku ini merupakan Migrasi dari Genyem). Kawasan ini dikenal oleh suku Tepra dengan nama Deponsero dan Suku Sentani dengan sebutan Dafonsoro.

C. Sumberdaya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Papua memilki kayaan alam yang sangat melimpah salah satunya adalah pertambangan yang terdiri dari tambang emas, minyak, dan tembaga yang terletak dibeberapa daerah di papua.

Kesemuaannya ini membutuhkan life skill dari setiap penduduk yang mendiami daerah tersebut untuk dapat mengilahnya sehingga akan menjadi sesuatu yang dapat bermanfaat dan berdaya guna tinggi begi kelangsungan hidup penduduk yang ada di daerah tersebut.

Contohnya, tambang emas dan tembaga yang ada di daerah Timika yang dikelola oleh PT. Freeport Indonesia, Tambang Migas Yang ada di daerah Bintuni dan Tambang minyak lepas Pantai yang ada di Sorong.

Pada kenyataannya penduduk setempat belum menunjukan peningkatan ekonomi yang sangat baik, sebab untuk mengelola kaekayaan alam yang ada membutuhkan sumber daya manusia yang baik, sehingga pemanfaatan sumber daya alam yang ada tidak dapat terealisasi dengan baik.

Hal tersebut ditunjukan dengan tingginya harga BBM, Gas dan Emas di pasaran, bahkan stok BBM mengalami kemerosotan. Menyebabkan aktifitas masyarakat menjadi terbatas dan melakukan protes-protes kepada pihak pemerintah untuk menurunkan harga barang yang nota bene merupakan dampak dari kekurangan sumber daya manusia untuk mengelola sumber daya alam yang ada di Papua.

Jika dalam pemanfaatan SDA yang ada di Papua dengan baik dan benar, maka penduduk tidak akan mengalami kemiskinan di berbagai sisi, bahkan akan berefek kepada pemerintah, seperti yang dilakukan di Negara Brunai Darusalam atau Singapura.

D. Usaha – Usaha Pelestarian Sumber Daya Alam Papua

1. Pelestarian hutan

Eksploitasi hutan yang terus menerus berlangsung sejak dahulu hingga kini tanpa diimbangi dengan penanaman kembali, menyebabkan kawasan hutan menjadi rusak. Pembalakan liar yang dilakukan manusia merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kerusakan hutan. Padahal hutan merupakan penopang kelestarian kehidupan di bumi, sebab hutan bukan hanya menyediakan bahan pangan maupun bahan produksi, melainkan juga penghasil oksigen, penahan lapisan tanah, dan menyimpan cadangan air.

Upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan hutan:

- Reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul.

- Melarang pembabatan hutan secara sewenang-wenang.

- Menerapkan sistem tebang pilih dalam menebang pohon.

- Menerapkan sistem tebang–tanam dalam kegiatan penebangan hutan.

- Menerapkan sanksi yang berat bagi mereka yang melanggar ketentuan mengenai pengelolaan hutan.

2. Pelestarian Hewan

Dalam upaya untuk melestaraikan hewan-hewan yang ada di papua, pemerintah dan masyarakat harus melakukan suatu kerjasama dalam menjaga kelestaraian alam tempat hidupnya hewan, baik didarat, air maupun udara dari berbagai macam gangguan manusia yang tidak betanggung jawab yakni pemburu-pemburu liar, yang memanfaatkan hewan-hewan tersebut untuk di perdagangkan baik didalam maupun di luar daerah secara ilegal.

Upaya tersebut dapat dilakukan dengan cara membuat suatu larangan atau peraturan daerah (Perda) yang mengikat serta melarang masyarakat untuk tidak mengkonsumsi dan melakukan perburuan liar secara besar besaran, apabila barangsiapa melanggar akan dikenakan sanksi dan juga membuat penangkaran serta penggenerasian hewan-hewan yang hamper punah dan kemudian dilepaskan kembali kea lam bebas.

Dengan upaya tersebut, maka apa yang diharapkan pemerintah dan masyarakt dalam melestarikan hewan akan membuahkan hasil yang maksimal.

3. Pembuatan Cagar alam

Cagar alam merupakan salah satu upaya pemerintah untuk melindungi berbagai keanekaragaman hayati yang ada di derah setempat, baik yang di air, darat, dan udara. Salah satu contoh upaya pemerintah dalam pelestarian cagaralam yakni cagar alam siklop.

Cagar Alam Pegunungan Cyclops

Pegunungan Cycloops ditunjuk sebagai Cagar Alam berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor : 56/Kpts/Um/1/1978 tanggal 26 Januari 1978 dan ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : 365/Kpts-II/1987 tanggal 18 Nopember 1987 dengan luas 22.500 Ha.

Secara Geografis Cagar Alam Pegunungan Cycloops terletak pada 145°30’ BT dan 2°31’ LS. Cagar Alam Pegunungan Cycloops terletak memanjang dan membentang dari teluk merah ke arah timur. Gunung Rafeni merupakan puncak tertinggi dalam kawasan ini, ketinggiannya mencapai 1.880 meter dpl.

Secara adminitratif Cagar Alam Pegunungan Cycloops terletak pada : Distrik : Jayapura Selatan, Jayapura Utara, Sentani dan Depapre Kabupaten : Jayapura dan Kota Jayapura Provinsi : Papua.

Batas-batas dari Cagar Alam Pegunungan Cycloops adalah :
Sebelah Utara : Laut Fasifik ,Sebelah Selatan : Kota Jayapura dan kabupaten Jayapura Sebelah Timur : Kota Jayapura Sebelah Barat : Distrik Depapre.

Potensi Flora dan Fauna

Kawasan ini terdiri dari 5 tipe ekositem utama yaitu Hutan Hujan dataran rendah (Lowland Rainforest), Hutan Pegunungan (Mountain Forest), Hutan Sekunder (Secondary forest), Padang Rumput (Grassland). Seluruh ekosistem merupakan ekosistem alami.

Potensi Flora dalam kawasan ini adalah Pometia sp, Instia bijuga, Anisoptera sp, Dilennia sp, Dracontomelon sp, Firmiana sp, Callophylum sp, Myritica sp, Araucaria cuninghammi, Castanopsis sp, Querqus spp, Sapotaceae (Burcella magusun), Callophylum carii, Ficus spp dan Syzybium spp dan beberapa jenis Anggrek seperti Anggrek Hitam (Dendrobium lasianthera), Anggrek besi (D. violaceoflavens), Anggrek Jamrud Hitam (D. macrophyllum var. gigantheum), Anggrek Jamrud Kuning (D. macrophyllum A. rich), Anggrek Kuning (D. connotum), Anggrek Dasi (Bulbophyllum sp), Anggrek Nenas (D. smilliae), Anggrek Kelinci (D. antenatum), Anggrek Kantung (Paphiopedillum violascens).

Potensi fauna yang ada antara lain Kakatua Raja (Pobosciger atterimus), Paradisea minor, Palanger sp, Lorius domicella, Cacatua galerita triton, Dendrolagus sp, Goura victoria, Ornitophera sp, Electus rotatus, Casuarius sp serta beberapa jenis Kelelawar. Salah satu jenis hewan karnivora berkantong yang ditemukan di kawasan ini adalah Dasyrys albopunctatus.

Sungai yang mengalir dari gunung cyclop berjumlah 14 namun sampai saat ini sungai yang masih berfungsi kurang lebih 7 sungai saja, seperti kali kamp wolker, kali klufkam, kali kemiri.

4. Peningkatan Sumber Daya Manusia

Upaya pemerintah dalam meningkatkan sumberdaya manusia merupakan suatu hal yang sangat penting dari upaya-upaya lainnya, dengan cara mensosialisai, melakukan pelatihan, dan juga melakukan studi banding serta peningkatan pendidikan terhadap masyarakat lokal dan masyarakat pendatang.

Perencanaan pengembangan SDM Papua dimulai dari sejak manusia dibentuk dalam rahim seorang ibu, dari pertumbuhan janin, peristiwa kelahiran, sampai menjadi seorang manusia dewasa yang produktif.

Dengan demikian pengembangan SDM Papua diarahkan pada dua sisi :

1. Peningkatan kapabilitas dan kapasitas aspek kognitif, efektif dan psikomotorik penduduk seperti perbaikan status kesehatan, tingkat pendidikan dan keterampilan.

2. Pemanfaatan kapabilitas dan kapasitas aspek kognitif, efektif dan psikomotorik untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat produktif, kultural social dan politik.

Oleh karena itu perencanaan pengembangan SDM di Papua hendaknya mempertimbangkan tingkat kemajuan masyarakat, kondisi geografis dan karakteristik ekologi dimana penduduk bermukim.

Undang-undang nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua memberikan peluang yang besar bagi pemerintah dan masyarakat khusus orang asli Papua guna berupaya meningkatkan kualitas SDM tanpa meningkatkan karakteristik dasar sebagai masyarakat adat dengan kebudayaan yang khas. Meskipun demikian disadari bahwa membangun SDM di Papua bukan pekerjaan yang mudah seperti kita membalik telapak. Belajar dari Negara-negara yang konsen dan konsisten meletakkan prioritas pembangunannya dalam bidang SDM, mereka baru merasakan hasilnya antara 20 sampai 30 tahun kemudian.

Dengan demikian akan terjadi perubahan mental dan moral tetang kesarana akan pentingnya lingkungan serta pemanfaatan dan dayaguna sumberdaya alam yang ada di Papua.

Daftar Bacaan ;

- M. Kal, 2008, Keanekaragaman Hayati Papua, kerjasama Pemda Provinsi Papaua dan Universitas Papua, Jayapura.

- ------------- Suebu Mike, 2011, Lestariakan alamku Papua (artikel)

- ------------- Cepos, yang diposting oleh Badan Pengelolan Sumber Daya Manusia Papua, 2011.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Makasih banyak yah kak..sdh sangat membantu dlm tugas saya ttg ini ☺ GBu

Anonim mengatakan...

How To Play Baccarat At the Beginner's Guide - FEBCASINO
The Basics of Baccarat · Learn to play with hands of your favorite dealer · Practice and play a card 카지노사이트 of your choice febcasino · Practice 온카지노

Anonim mengatakan...

Lucky Club Casino site 2021 + Latest Bonus offers - Lucky
Lucky Club Casino review ✚ All the important details about the game, customer support, banking methods, withdrawal and more. ✚ Bonus and Promotions luckyclub.live for New